Sri wahyuni (Juara Harapan III Sayembara Kepenulisan Srikandi Temilreg IX)_ KSEI EKSY Ambon

  

Beran Menyuarakan Kebenaran

 




Banyaknya kesalahan, kekerasan, dan ketidakadilan terjadi sebenarnya bukanlah   atas dasar kesalahan itu  sendiri  namun  semua terjad karendiamny orang yang mengetahui bahwa itu adala sebuah kesalahan.

 

Aku  adala seorang ana perempua yan terlahir dari keluarga sederhandan penuh cinta, memilik empat saudara laki  laki. Menjadi satu  satunyanak   perempuan    tak   membuatku  diperlakuka beda   dengan    keempat saudara  ku,  banyak   ekspektasi  yang   datang   namun   semua  tida begitu sesuai denga kenyataan yan ada Kam di  didik  bersama namun  diberi batasan yang  berbeda, sehingga membua ku menjad pribadi yang  tertutup. Pernah   terbesit dalam   pikiranku   bahwa  in adalah   sebuah ketida adilanyang selalu saja menimbulkan banya pertanyaa dalam  kesendirian.

 

Dir yan selalu  sendiri membuatku takut  untuk  menyampaikan sesuatau, walaupun  jika  sekedar bertany mengenai keputusan yan diambi mereka terhada ku,  membuatku tak puny keberanian sama sekali,  hany terdiadan mengatakan iya saja terhada keputusan dari mereka.. Hal  ini berlanjut sampai aku lulus dari sekolah, hingg suatu saat aku tersadar bahwa aku tak harus begini.  Ak memiliki  ha atas diriku  sendiri yan sebetulnya mereka hany membantu mengarahkan,  serta mengenai keputusan aka kemanaku melangkah adala tanggung jawabku.

 

Dar sinilah kisahku di  mulai,  aku  yan kin menjadi  seorang mahasiswa mencoba untuk memahami identitas mahasiswa  yan sesungguhnya serta merasa memerlukasuatu wada diman untuk belaja itu semua. Awalnysempat berfikir untuk bisa masuk beberap organisasi eksternal namun lagi-lagi   gaga karena   batasa yang   diberikan dalam   titi it ak masih berusaha untuk bisa meyakinkan oran tua namun  tetap saja gagal. Waktu terus berjalan dan tekatku untuk bisa berorganisasi masih sangatlah tinggi.

 

Hingga suatu hari aku diperkenalkan denga organisasi KSEI EKSY, yang dari tadinya tidak yakin namun ketida yakina itu tersingkirkan karena rasingitahu.   Tepatny tangga 29  November   2020   adalah   har yang   baik   dabersejara dalam   perjalanan   in serta  juga     merupaka titik  balik   darsegalanya. Memor masih  terkenangakan bagaiman ak mengikuti   dikladan   mengucapka sumpa setia   dalam    berkontribusi   mendakwahkaekonom islam.

 

Setalah har itu,  aku  menjad pribad yan sanga kritis terhada sesuatu yang keliru. Hari  hari berlanjut banyak perubahan terjadi namun aku tamenyadari. Melahirka banya tanggapan datan padaku  mulai  dari terlalsibuk,tidak lagi mementingkan kuliah dan lain sebagainya. hal itu sebenarnysudah ku duga sebelumnya karena satu batasan telah kulanggar. Pasti kaliabertany –  tany sebenarnya batasan  ap yan ku  maksud? Batasan itadalah    berorganisasi. Enta tanggapan dari merak betul adany dan  akyan tidak  menyadari semuanya atauka mereka  yan tidak  bisa menerima karena telah melanggar hal demikian.

 

Semakin hari  kin aku  mula terbiasa denga berbagai macam tanggapayan ada,   hal demikia justru membuatku termotivasi untuk membuktikan kepada  mereka  bahwa  tida semua organisasi itu sama dan  berorganisasi bukanlah    sebuah   hal   buruk.   Untuk   membuktikannya   aku   mulai   rutimengikuti   kajian Hingga pada  suatu kajia terdapa mater tentan ribasebenarnya riba tida begit asing bagiku  namun  aku belum  pernah  belajadenga jelas ap itu riba Kajia hari  itu terasa sangat lam da akupun sangat menikmatinya karena ada sesuatu hal yang begitu dekat denga ku.

 

Sesuatu itupun  membuatku tida fokus pad penghujung kajian Yan lain jug tida begit menghiraukan ku, setelah beberap menit  aku  berusaha berfikir ternyata baru teringat  denga koperasi yan di jalanka keluarga ku. Setela kajian   selesai timbul   rasa  penasara dan   banyak   pertanyaan tentaang   riba.   Karena   penasaranny tentang   riba   membuatk mencari informasi lebih lanjut. Semakin aku memperdalamnysemakin besar kesadaranku bahwa  koperasi yang  dijalankan keluarga mengandung unsur riba didalamnya.

 

Mulai hari itu aku menjad tidak tenang, aku ingin sekali member penjelasan kepada  merek tentan hal itu, namun  aku  tida puny keberanian. Karena tidak    ingin    keluargaku   terlarut   dalam    kesalahan      ini,   ku   mencoba memberitahu mereka  denga cara   cara  ku. Car pertam yang ku lakukaadala denga mengirimkan video  video tentang  riba di grup keluarga. Haitu ku lakuka hingga  beberap bulan. Aku yang terus berusaha tidak melihapengaruh   apa  –  apa.   Aku  pun  mencob memberitahu secar langsungkarena   menginga aku   begitu   dekat   dengan   mama akupun   mencoba mengambil hatinya dan perlahan  mulai memberi  penjelasan padanya. Mamyan awalny tidak begitu  menghiraukan ku mula resah denga penjelasan penjelasan yang ku utaraka setiahari. Karen sudah begitu resamampun  memberitahu  ha in kepada   ayahku.   Aku   semaki takut,ak takudiangga durhaka   oleh  mereka   tetapi  in adalah   sebuah  kesalaha yanharus ku luruskan. Benar saja setelah ayahku  mengetahui hal itu, ia semakimara pad ku, katany aku  setelah masuk organisasi, ak semakin sukmembantah padaha aku hanya ingin menyuarakan kebenara saja.

 

Ayah yang  sangat mara kerena menurutny aku membantah akhirny tidalagi   mau   bicara   dengan   ku.  Aku   yang   terus  berusaha  tanpa   dukungasiapapun  tidak   membuatku  putus  asa hingga   pada   suatu  malam   aku mencoba bicara  langsung denga ayahk bahwa  apa yang  mereka  jalankatidakla bena sistem yan kalia gunakan itu riba.  Karen merasa terlalu berlebiha dan sudah keterlalua ayahku  pun sangat marah hingga  memberi ku  pilihan Pilihan   it berorganisas ata kuliah.   Karena   menurutnya   aku seperti ini karena aku berorganisasi.

 

Aku  sangat hancur  pad saat itu sempat terlintas di pikira untuk berhenti berorganisas namun   aku   d kuatkan   oleh  orang   –   orang   baik   merekmenyadarkan  ku  dengan   mengatakan bahwa  Rasul saja pad saat ingin menunjukan kebenara banya yan tidak suka apa lag kita manusia biasda ata sumpah  untuk  mendakwahka ekonimi   isla yang   tela akikrarkan, membuatku yang hampir putus asa akhirny kembal bersemangat. Beberapa hari kemudian aku  kembali  mengingatkan ayah.  Mungkin  karenmeliha aku  yan tida ada  hentiny berusaha mengingatkan mereka  hati ayah pun mulai luluh dan mulai mendengarkan penjelasan dariku.  Setelah ku jelaskan panjang   leba tentangnya   aya terdia beberapa   menit  sambil menatapku da setelah itu beliau mengucapkan terimakasih padaku.


Setela malam   itu  ayah   perlahan   mulai   mengganti  siste yang   ada   di koperasinya dan akudipercayakan untuk ikut menjalankan apa  yan telah ibangun.   Aku  yang   dulunya   dilarang   kin tida lagi.   Hal   in mengajarkakepad kita  mengenai kejadian-kejadian keliru  sekitar kita  namun  memilih untuk  diam Kit sebagai manusia haruslah saling mengingatkan siapapun dia kebenara harus tetap di utarakan. Walaupun  memang sulit meyakinkasetiap oran bahwa  ha yan mereka  lakukan   itu  keliru,  teta tugas kita adala mengingatkamereka, walaupun  banya tantangan kebenera tetap harus ditegakan.

 

Deskripsi Penulis



 Perkenalkan namak adala Sri wahyuni Lahir pada tangga 14   September  2002   di  Ambon.   Saa insedang menempuh   pendidikan S1  Manajemen Keuangan Syariah pada  Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon.aku adalah  anak kedua dari dari empabersaudara hidupku sangaberwarna karena didampangi empat  pria yang  luar biasa. Saat ini akaktif   sebaga Badan   Pengurus  Harian   KSEI  EKSsebagai   Koordinator  media   dan   publikasi.  Untuk kontak      saya     silahkan    hubungi      via     telpon081293403214 atau instagra@sri.wahyuuni14

Comments

Popular posts from this blog

Bulan Lokakarya, Bersama FoSSEI Sulawesi Selatan dan KSEI IELC STAI Al-Azhar Makassar

Wakil Ketua DPRD SulSel Dukung FoSSEI SulSelBar dan Maluku dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Syariah pada Kegiatan Temu Ilmiah Regional ke- IX